IBX5A5529B0D0174 Bayi ASI Lebih Unggul dari Bayi Susu Formula | Rizki Mandiri

Bayi ASI Lebih Unggul dari Bayi Susu Formula

Ada beragam jenis susu formula yang ditawarkan dengan berbagai jenis produk dan juga kandungan terbaik oleh para produsennya untuk bayi saat ini. Namun yang perlu anda tahu, bahwa apapun jenisnya, tetap saja tidak ada yang bisa mengalahkan kebaikan ASI bagi bayi dan balita anda. Bahkan untuk anda para ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif untuk bayi anda hingga umur 2 tahun. Karena manfaatnya akan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan air susu formula atau air susu kedelai. Lebih lagi hal ini dapat membuat hubungan antara Ibu dan Balita menjadi lebih harmonis dan memiliki chemestery.

Ibu dan BalitaFakta Bayi ASI Lebih Unggul dari Bayi Susu Formula

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Pusat Gizi Anak di Arkansas Little Rock, Arkansas, ditemukan bahwa ASI memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan susu formula atu juga susu kedelai untuk bayi. Dalam hal ini, ASI mampu memberikan gizi ideal yang sesuai dengan kebutuhan si anak. Dengan ASI juga dapat dipastikan bahwa asupan gizi bayi akan terpenuhi secara lengkap serta berimbang yang artinya tidak kurang dan juga tidak pula berlebihan. Hal ini sendiri berjalan tanpa harus diatur dengan takaran oleh ibu sang bayi atau berjalan secara otomatis.

Sementara itu, jika memang tidak ada pilihan lain, maka pilihan terakhir adalah menggunakan susu formula atau susu kedelai. Akan tetapi, jika memang sang ibu masih mampu untuk memberikan ASi maka dianjurkan untuk tetap memberikan ASI.

Dalam penelitian tersebut, pihak peneliti mengunakan 391 bayi yang lahir kala itu pada tahun 2008. Dari jumlah tersebut, dua pertiganya menggunakan ASI sebagai asupan gizi mereka. Sementara sepertiga lainnya hanya diberikan susu formula dan susu kedelai saja. Pengamatan sendiri dilakukan selama 1 tahun dan dilakukan pengamatan per tiga bulan sekali.

Adapun hasil dari penelitian tersebut didapati bahwa bayi yang mendapatkan susu ASI mendapatkan keunggulan dibandingkan yang hanya diberikan susu kedelai atau susu formula saja. Pada dasarnya bayi yang diberikan ASI dan Susu Formula atau Kedelai saja memiliki perkembangan yang sama, akan tetapi jika ditelisik lagi maka terdapat perbedaan yang menunjukkan bahwa yang diberikan ASI memiliki perkembangan yang lebih tinggi.

Kemudian mengutip dari CBS News disebutkan bahwa ada tiga perbedaan yang didapatkan dari bayi yang diberi ASI dan susu formula biasa. Perbedaan tersebut antara lain adalah :

  1. Ditinjau dari perkembangan mentalnya, diketahui bahwa bayi yang mendapatkan ASI memiliki indeks pembangunan jiwa yang lebih baik pada usia 6 dan 12 bulan dibandingkan dengan susu formula.
  2. Kemudian meninjau di sektor psikomotor anak, bayi yang mengkonsumsi ASI memiliki nilai yang tinggi pada tes keterampilan gerak di usia 6 tahun dibandingkan yang mengkonsumsi susu formula atau susu kedelai.
  3. Kemudian mengenai kemampuan kebahasaan, sekali lagi disebutkan kalau memang bayi yang diberikan ASI memiliki nilai tes kebahasaan yang lebih baik dibandingkan yang mengkonsumsi susu formula dan kedelai biasa.

Adapun untuk susu kedelai sendiri, memang memiliki manfaat yang cukup baik untuk bayi, akan tetapi para ilmuwan juga meminta para ibu agar berhati-hati dalam memberikannya pada buah hati. Pasalnya susu kedelai sendiri mengandung hormon yang mirip dengan estrogen. Karena hormon itu sendiri dapat memberikan pengaruh terhadap sistem syaraf dan juga perkembangan otak.

Add Comment