IBX5A5529B0D0174 Benarkah Ekspresi Wajah Ibu akan Mempengaruhi Bayi nantinya | Rizki Mandiri

Benarkah Ekspresi Wajah Ibu akan Mempengaruhi Bayi nantinya

Ada beberapa mitos di dunia perempuan yang terkadang memang tidak masuk di akal dan salah satunya adalah mitos mengenai ekspresi wajah ibu akan mempengaruhi bayi mereka nantinya. Disini ada sebuah kepercayaan kuno bahwa seorang ibu haruslah melakukan ekspresi wajah yang kalem dan tenang karena apabila mereka melakukan ekspresi yang berlebihan selain itu seperti contohnya tertawa, sedih dan juga ekspresi lainnya maka anak mereka yang berada di dalam kandungan juga akan terpengaruhi oleh hal itu, hal ini membuat banyak orang tua jaman dulu berpikir bahwa ibu hamil harus berada di dalam rumah untuk dlindungi terus. Lalu apakah mitos tersebut benar? Untuk lebih jelasnya mari kita cek kebenarannya

Ekspresi Ibu dan Bayi

Apakah Benar ekspresi Wajah Ibu akan Mempengaruhi Bayi

Sebenarnya mitos mengenai Ekspresi wajah ibu akan mempengaruhi bayi bisa kita lacak jejaknya dari abad ke 18 yang lalu. Di abad ini ada beberapa jenis kejadian dimana bayi lahir cacat dikarenakan seorang ibu mendapatkan shock yang sangat berat dan juga mempengaruhi ekspresi wajah dari sang ibu sendiri. Hal ini dalam bidang medis atau kedokteran dikenal dengan nama maternal imprinting. Maternal imprinting sendiri biasa kita lihat di beberapa kejadian di alam seperti contohnya saat seorang anak ayam baru lahir dan melihat sesuatu yang pertama ia lihat sebagai ibunya. Akan tetapi untuk masalah ini kejadiannya berbeda dengan imprinting pada anak burung pada umumnya.

Biasanya pada saat seorang ibu terkejut maka mau tidak mau akan mengirimkan gelombang stimulus pada anaknya yang bisa membuat otak bayi terganggu. Biasanya stimulus ini terjadi saat ekspresi wajah ibu kaget yang akan memberikan shock tambahan pada sang anak dan mempengaruhi pertumbuhannya secara umum. Salah satu kasus yang pernah terjadi dulu adalah kasus joseph merrick yang menjadi seperti gajah karena sang ibu saat itu melihat gajah di sirkus yang membuatnya ikut terkejut saat beberapa adegan. Hal ini membuat apa yang dipikirkan sang ibu akhirnya terbantuk pada anak yang mereka kandung pada umumnya, masalah ini sendiri bisa kita lihat di negara kita yang memberikan bukti bahwa ekspresi wajah ibu akan mempengaruhi bayi yang ada di dalam kandungan.

Bisa dibilang hal ini cukup menarik karena berada dalam batas benar dan tidak. Maternal imprinting sendiri memberikan bukti bahwa memang apabila shock berlebih pada sang ibu akan ikut mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Tentu saja penelitian medis mengenai hal ini belum terlalu maju karena membutuhkan percobaan. Akan tetapi akan lebih baik apabila kita mengambil jalan aman dan menjaga sang ibu hamil. Sebenarnya hal ini bukan karena ekspresi wajah dari sang ibu akan tetapi lebih pada shock psikologis dan stimulus yang dihasilkan mempengaruhi perkembangan janin. Itulah beberapa informasi mengenai mitos ekspresi wajah ibu akan mempengaruhi bayi semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan.

Add Comment