IBX5A5529B0D0174 Bolehkah Wanita Hamil Berpuasa? | Rizki Mandiri

Bolehkah Wanita Hamil Berpuasa?

Bolehkah wanita hamil berpuasa? Nampaknya pertanyaan ini akan selalu muncul setiap tahunnya di kala bulan Ramadhan tiba.Terutama bagi para wanita yang baru hamil untuk pertama kali. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa cenderung memiliki bayi lebih kecil. Bayi kecil tersebut juga cenderung rentan kesulitan belajar ketika besar. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa puasa yang dilakukan pada musim panas oleh ibu hamil dapat membahayakan janinnya. Karena musim panas memiliki waktu puasa lebih panjang. Di Indonesia sendiri, lama waktu puasa sekitar 14 jam. Sehingga tidak lama seperti di luar negeri. Sehingga tidak jarang ibu hamil memilih untuk tetap berpuasa. Meskipun ada beberapa kondisi yang tidak mengizinkan ibu hamil untuk berpuasa. Berikutnya akan dibahas lebih lanjut.

bumil-puasaIbu Hamil yang Tidak Boleh Berpuasa

Jawaban dari pertanyaan bolehkah wanita hamil berpuasa adalah boleh saja, asalkan ia tidak sedang mengalami beberapa situasi kesehatan ini. Misalnya mengalami diabetes melitus. Wanita hamil yang memiliki diabetes harus menjalani pola makan sedemikian rupa agar gula darah tetap terkontrol. Karena itu, ibu hamil dengan diabetes tidak disarankan berpuasa. Pasalnya, selain harus menjalani terapi obat secara teratur, ibu hamil juga harus mematuhi program makan yang telah dibuatkan supaya kadar gula dalam darah bisa tetap terkontrol/bisa tetap stabil.

Wanita hamil yang mengalami hipertensi juga tidak dianjurkan untuk berpuasa. Tekanan darah selama kehamilan harus terkontrol dengan baik. Terlebih lagi pada ibu yang tekanan darahnya harus dikontrol dengan obat-obatan. Tekanan darah yang naik turun harus dihindari karena berbahaya buat kesehatan ibu dan bayinya. Jika ibu hamil mengalami pendarahan, sebaiknya juga jangan memaksakan diri untuk berpuasa. Puasa pada saat menjalani kehamilan dengan perdarahan akan menambah parah perdarahan tersebut. Ibu hamil sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengatasi keadaan ini. Jika memang ibu hamil berniatan untuk berpuasa, maka konsultasi dengan dokter sangat penting untuk dilakukan. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan anda mengenai bolehkah wanita hamil berpuasa.

Add Comment