IBX5A5529B0D0174 Cara Merawat Jilbab Sesuai Bahan, Agar Tetap Awet dan Cantik | Rizki Mandiri

Cara Merawat Jilbab Sesuai Bahan, Agar Tetap Awet dan Cantik

Salah satu tren fashion yang saat ini berkembang adalah jilbab atau hijab. Meski dianggap sebagai salah satu tren fashion jangan sampai lupa kalau esensi awal dari hijab sendiri adalah menutup aurat yang diperintahkan oleh Agama Islam kepada setiap muslimah sebagai bentuk kehormatan dan identitas.

Mencuci HijabSaat ini produksi hijab sendiri semakin laris di pasaran dengan motif, ragam dan bahan yang berbeda-beda. Tidak hanya terbuat dari bahan katun saja, hijab modern juga diproduksi dengan menggunakan bahan lain yang terbilang nyaman digunakan dan tentunya cantik saat digunakan.

Berhubung hijab sendiri terbuat dari berbagai bahan, maka cara yang harus dilakukan untuk merawatnya juga tentu harus berbeda. Berikut cara merawat hijab sesuai bahan agar tetap awet dan cantik :

Paris

Hijab Paris sendiri terbuat dari bahan yang tipis dan nyaman ketika digunakan serta tidak kaku. Dimana bentuknya sendiri adalah segi empat dan untuk mengaplikasikannya perlu bantuan peniti. Untuk merawatnya, anda hanya butuh mencucinya dengan air sabun yang lembut saja atau jika tidak cukup gunakan sedikit deterjen. Lebih baik untuk tidak menggunakan mesin cuci karena hanya perlu dikucek sedikit saja. Kemudian untuk penjemurannya sendiri hanya perlu dianginkan dan setrika dengan suhu hangat.

Jilbab Kaos Rayon

Untuk kondisi ideal, jilbab berbahan seperti ini hanya perlu dicuci dengan dikucek menggunakan sedikit deterjen saja. Penggunaan mesin cuci untuk mencucinya bisa jadi menimbulkan hijab menjadi melar dan longgar serta bisa menimbulkan serabut. Untuk penyetrikaan gunakan suhu panas biasa, jangan terlalu panas.

Chiffon

Bahan ini juga terbilang bahan yang lembut, oleh sebabnya disarankan untuk mencucinya dengan perlakukan lembut dan jangan dikucek dengan keras. Cuci dengan menggunakan sedikit deterjen, bilas dan cukup dianginkan saja hingga kering. Untuk penyetrikaan gunakan suhu panas biasa dan jangan terlalu menyengat.

Sementara itu untuk bahan seperti  viscose, jersey yan biasanya dilengkapi dengan payet pun cara merawatnya hampir sama saja. Dimana tidak dianjurkan untuk mencucinya menggunakan mesin cuci dan jangan menggunakan suhu terlalu panas saat menyetrikanya.

Add Comment