IBX5A5529B0D0174 Cara Merawat Ketajaman Warna Batik agar Tidak Gampang Pudar | Rizki Mandiri

Cara Merawat Ketajaman Warna Batik agar Tidak Gampang Pudar

Batik merupakan salah satu kain yang menjadi ciri khas busana Tanah Air. Merawatnya pun perlu pengetahuan khusus, pasalnya tidak bisa anda samakan dengan jenis kain yang lain. Salah satu khal yang menjadi keinginan para pengguna batik adalah dalam perawatannya membuat warna dan corak batik tetap tajam dan tidak cepat pudar.

Kain BatikPada dasarnya, bisa saja bahan yang digunakan dalam kain batik sama dengan bahan kain lainnya, hanya saja anda tetap harus melakukan sedikit penanganan khusus untuk membuat kain batik anda tetap tajam. Dan bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Batik yang dicuci untuk pertama kalinya akan sangat wajar jika terjadi kelunturan warnanya. Hal ini memang lumrah terjadi bahkan untuk batik tulis sekalipun. Oleh karenanya anda jangan pernah mencampur batik dengan pakaian lain untuk pencucian batik pertama kalinya. Apalagi dengan pakaian yang menggunakan warna yang cerah. Selain itu pula proses mencuci batik dapat melunturkan residu pada kain batik tersebut saat dicuci.

Selain itu, dari sumber Republika, dalam mencuci batik tidak dibenarkan untuk direndam dalam waktu yang lama. Dimana untuk maksimal lama merendam pakaian batik hanya 2 menit saja. Selain itu juga jangan menggunakan banyak campuran deterjen saat pencucian. Pasalnya deterjen sendiri bisa menjadi hal yang membuat warna batik menjadi luntur dan pudar. Kemudian untuk penjemurannya sendiri disarankan agar tidak langsung terpapar sinar matahari.

“Setelah dicuci, batik jangan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, cukup kena angin-angin saja,” ujar Mustar Sidiq, Pengrajin batik asal Pekalongan.

Perlu anda ketahui bahwa paparan sinar matahari secara langsung pada kain batik dapat beresiko membuat ketajaman dan motif batik menjadi pudar. Sementara untuk mengurangi kandungan air pada kain batik saat mencuci, remaslah dengan menggunakan tangan. Jangan pernah mencoba menggunakan mesin pengering yang ada pada mesin cuci anda. Selanjutnya jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung alias tempat yang teduh.

Add Comment