IBX5A5529B0D0174 Inilah 5 Alasan Kenapa Harga Mainan Action Figure Dijual Mahal! | Rizki Mandiri

Inilah 5 Alasan Kenapa Harga Mainan Action Figure Dijual Mahal!

Mungkin bagi beberapa orang masih terdengar asing dengan nama mainan action figure. Arti dari action figure sendiri adalah sebuah mainan miniatur yang mempunyai karakter baik dari anime ataupun superhero yang memiliki beragam pose dan bahan utamanya terbuat dari plastik dan material lainnya. Karakter yang dimiliki oleh action figure biasanya diambil dari tokoh – tokoh film superhero, video game, komik dan sebagainya.

Dan mungkin untuk sebagian orang akan merasa heran dan kaget jika tahu bahwa harga dari action figure ini memiliki harga yang mahal, kok bisa ya? Tentu saja dibalik harganya yang mahal pasti akan ada alasan kenapa mainan seperti action figure dijual dengan harga yang mahal. Lantas kira – kira kenapa sih action figure ini dijual dengan harga mahal? Penasaran? Yuk lihat alasannya disini.

  • Bahan

Tentu saja alasan kenapa action figure dijual dengan harga mahal karena dilihat dari bahannya. Beberapa bahan untuk membuat action figure mahal itu bermacam – macam dan bervariasi, contohnya saja seperti action figure Robocop, Captain America, Hot Toys yang sebagian besar bahannya adalah dari besi atau diecast.

Selain itu ada juga bahan lainnya yang diperlukan, adalah karet tebal, PVC atau sejenisnya.

  • Sculpting

Sculpting atau sculpt merupakan teknik untuk memahat yang membentuk sebuah tekstur, seperti pada detail kecil pada pakaian, bagian wajah, dan lainnya. Jika teknik sculpt ini semakin detail dilakukan maka akan semakin mempengaruhi untuk nilai harga jualnya di pasaran.

Detail dari sculpt untuk action figure sendiri tidak main – main lho, oleh karena itu tidak heran jika beberapa  teknik sculpt ini dikerjakan langsung dari seniman action figure. Sehingga tidak heran lagi jika action figure yang dihasilkan sangat detail dan eksklusif bentuknya serta memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

  • Stock Yang Terbatas dan Limited Edition

Perlu kamu ketahui bahwa action figure biasanya dibuat dalam jumlah yang terbatas dan limited edition. Salah satu alasan inilah yang membuat action figure dijual dengan harga yang mahal, karena jika action figure sudah tidak diproduksi lagi maka nilai jual harganya akan sangat melonjak tinggi.

Dengan adanya alasan limited ini tentu saja akan membuat para kolektor action figure sangat diuntungkan. Sebab beberapa yang sangat menyukai mengoleksi action figure limited edition tidak akan sayang untuk membelinya dan menjadi kebanggan sendiri saat memiliki action figure yang limited edition. Selain itu action figure yang terbatas memiliki desain dan tambahan aksesoris yang membedakannya dengan versi biasa.

  • Usia

Alasan lain yang membuat action figure menjadi mahal adalah karena faktor usia atau umur. Karena jika suatu action figure yang memiliki usia 70 tahun ke atas merupakan suatu investasi untuk para pengoleksi mainan ini.  Beberapa contoh nyata dari action figure yang memiliki usia tua adalah action figure DX Super Sentai yang sudah tidak diproduksi lagi.

Terdapat dua faktor kenapa action figure yang memiliki umur dijual mahal, yaitu sudah tidak adanya produksi untuk action figure tersebut dan jumlahnya terbatas. Dan yang kedua adalah cara perawatannya. Jika sebuah action figure memiliki usia 70 tahun ke atas dan kondisinya masih bagus tentu untuk harganya pun akan melonjak tinggi.

  • Aksesoris dan Ornamen Tambahan

Adanya aksesoris dan ornamen tambahan juga dapat mempengaruhi nilai jual yang tinggi untuk action figure. Contohnya seperti beberapa action figure yang dijual dengan dua paket berbeda, yakni jika action figure dijual pada paket A yang lebih murah namun tidak akan mendapatkan senjata atau ornamen lainnya, namun jika  action figure yang dijual pada paket B dengan harga yang lebih mahal maka akan mendapatkan senjata ataupun ornamen.

 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.