IBX5A5529B0D0174 Inilah Cara Mudah Memijat Bayi yang Benar | Rizki Mandiri

Inilah Cara Mudah Memijat Bayi yang Benar

Memijat bayi merupakan salah satu hal yang bisa membuat hubungan atau ikatan antara ibu dan bayi menjadi lebih dekat. Selain itu pula, memijat sendiri memiliki manfaat yang baik jika dilakukan dengan cara yang benar. Seperti yang diungkapkan oleh para peneliti yang menemukan fakta bahwa jika menggunakan cara memijay bayi yang benar, maka dipastikan dapat membuat siklus dari tidur bayi menjadi lebih baik. Lebih dari itu, manfaat yang bisa didapatkan dari memijat bayi dengan cara yang benar adalah menghilangkan kolik serta juga dapat berdampak baik pada sistem kekebalan tubuh bayi, meningkatkan keterampilan motorik dan mengembangkan kemampuan intelektual sang bayi.

Cara memijat bayi yang benarPerlu digaris bawahi kembali bahwa berbagai manfaat yang disebutkan di atas bisa didapatkan apabila sang ibu bisa mempraktekkan cara memijat bayi yang benar. Seperti apakah cara memijat bayi yang benar tersebut? Berikut uraian menariknya.

Memijat bayi akan lebih baik jika kita menggunakan barang seperti selimut atau bisa juga dengan menggunakan handuk dengan permukaan yang halus dan tidak kasar. Adapun untuk minyak pijatnya, disarankan untuk menggunakan minyak pijat bayi yang khusus dengan bahan pembungkus yang tidak mudah pecah.

Sebelum memutuskan untuk memijat bayi dengan menggunakan salah satu merk minyak pijat, akan lebih baik jika melakukan pengetesan minyak pijat bayi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan meneteskan minyak pijat bayi tersebut pada salah satu titik kecil kulit bayi. Tunggulah beberapa jam, untuk memastikan bahwa kulit bayi anda tidak terkena iritasi olehnya.

Adapun cara memijat bayinya dimulai dengan cara mengelus-elus kulit bayi saja. Tidak dibutuhkan adanya tekanan pada kulit bayi, dan lakukan dengan lembut sesuai dengan alur yang benar. Adapun untuk posisi pijatan sendiri mulailah dari kepala hingga sampai pada bagian jari-jari kaki sang bayi.

Jika dalam proses pemijatan bayi anda menjadi marah maka pindahkan posisi pijatan tangan anda ke bagian tubuhnya yang lain. Adapun indikasi sang bayi marah adalah dengan cara menangis, meronta atau bisa jadi rewel. Kalau memang bayi anda justru sangat rewel dan menangis maka langkah yang harusnya anda lakukan adalah menghentikan pijatan anda pada bayi anda. Jangan memaksakan kehendak agar bayi benar-benar merasakan pijatan anda.

Jika memang respon dari bayi anda sangat baik maka anda bisa melanjutkan pijatan anda dari beberapa bagian tubuhnya. Namun perlu diingat kembali bahwa memijat bayi tidak dilakukan dengan cara yang kasar. Karena kita hanya butuh memijat bayi seperti membelainya saja. Adapun gerakan tangan yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan teknik arah tangan seperti mendayung dan juga bisa menggunakan teknik bolak-balik sesuai dengan kenyamanan anda dalam memijat bayi.

Adapun secara umum cara memijat bayi yang benar adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan pijatan dengan cara yang lembut akan tetapi tegas dan jangan sampai membuat bayi hanya merasakan geli saja.
  2. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, lakukan memijat bayi dengan intensitas setiap hari sekali.
  3. Adapun untuk berhenti memijat kita bisa melihat sinyal dari si bayi sendiri. Pada umumnya, pijatan dilakukan selama kurang lebih 30 menit namun jika memang suasana hati si bayi lagi tidak baik maka lakukanlah dengan hanya 10 menit saja. Apalagi si bayi sampai rewel maka hentikanlah pijatan anda.
  4. Perbanyak referensi anda mengenai cara memijat bayi yang benar

Demikianlah berbagai hal yang perlu anda ketahui mengenai cara memijat bayi yang benar agar nantinya anda dan bayi anda bisa merasakan manfaat dari memijat bayi tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.