IBX5A5529B0D0174 Makanan ini Jika Dipanaskan Justru Akan Jadi Racun | Rizki Mandiri

Makanan ini Jika Dipanaskan Justru Akan Jadi Racun

Memanaskan makanan tidak selamanya akan menjadi solusi yang benar untuk makanan yang tidak habis dimakan. Ada beberapa jenis atau bahan makananyang jika dipanaskan justru akan menjadi racun dalam tubuh manusia ketika dikonsumsi. Apa saja jenis makanan tersebut?

Kebiasaan memanaskan makanan sendiri dilakukan oleh para ibu rumah tangga sebagai solusi dari makanan yang dimasak tidak habis dimakan. Memang pada dasarnya makanan yang dipanaskan akan menjadi nikmat kembali untuk disantap keesokan harinya. Selain itu, memanaskan adalah cara agar membuat makanan tersebut tidak basi.

JamurKegiatan ini sekilas memang bukan merupakan hal yang aneh. Bahkan rasanya pun tidak begitu berubah dari rasa awal makanan yang dipanaskan tersebut. Akan tetapi anda harus pula mengetahui bahwa tidak semua makanan itu bisa dipanaskan dan dikonsumsi kembali. Karena ada jenis makanan yang jika dipanaskan justru akan menjadi racun. Berikut ulasannya.

Sayur bayam atau selidri adalah bahan makanan yang tidak bisa dikonsumsi lagi setelah dipanaskan. Pasalnya di dalam dua sayur ini terkandung zat yang bernama nitrat. Senyawa ini sendiri jika dipanaskan akan berubah menjadi racun apalagi kegiatan memanaskan dilakukan berkali-kali pada makanan ini. Sebaiknya lakukan hanya 1 kali atau justru memasak seperlunya dan menghabiskannya.

Selain itu ada pula jamur. Seperti yang telah protein nabati yang baik bila dikonsumsi. Namun dalam proses memasaknya anda hanya disarankan satu kali dan jangan sampai berulang kali. Hal ini dikhawatirkan dapat merubah komposisi jamur menjadi racun dan berbahaya.

Telur yang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh juga merupakan bahan makanan yang tidak dianjurkan dimasak secara berkali-kali. Pasalnya proses berulang kali dalam memasak telur dapat merubah kandungannya berubah menjadi racun.

Selanjutnya, kentang adalah bahan selanjutnya yang tidak boleh dimasak berulang-ulang. Proses memasak kembali dengan cara menggorengnya dapat memicu bakteri yang bernama botulism berkembang biak. Bakteri ini sendiri merupakan bakteri jahat yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Kemudian nasi juga merupakan bahan makanan yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan. Mengutip dari laporan Food Standard Agency, bahwa nasi mengandung spora yang bisa berubah menjadi racun jika dimasak berulang-ulang. Dan mengkonsumsi nasi yang telah dipanaskan dapat menyebabkan anda mual dan ingin muntah.

Terakhir ada ayam. Tentunya anda akan kaget ketika bahan makanan ayam juga terdapat dalam daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan. Memanaskan ayam dapat membuat protein yang terkandung di dalamnya menjadi rusak dan berubah menjadi racun. Apalagi jika anda memanaskan daging ayam secara berulang-ulang.

Dalam hal ini tentunya saran yang paling tepat bagi para ibu adalah memasaklah dengan ukuran sekali makan habis. Agar nantinya anda tidak memasaknya ulang atau membuat anda repot. Terlebih jika nantinya bahan yang dimasak ulang adalah bahan yang termuat di atas, selain repot anda juga akan mengubahnya menjadi racun. Apa anda mau memberikan keluarga anda makanan yang mengandung racun?

Add Comment