Mempercantik Rumah, Luar dan Dalam

Mempercantik rumah tidak selalu berarti melakukan renovasi besar-besaran seperti membongkar dinding, mengubah interior rumah atau mengecat ulang seluruh bagian rumah. Membebaskan rumah dari barang dan furniture yang tak lagi digunakan juga termasuk ke dalam pekerjaan mempercantik rumah, lho.

Menyingkirkan barang-barang yang kini tak lagi terpakai itu penting guna menjaga rumah agar tetap rapih dan bersih. Apabila Anda merasa sayang untuk membuang barang-barang yang tak lagi Anda butuhkan, selalu ada pilihan untuk menyumbangkannya kepada mereka yang lebih membutuhkan. Sambal menyelam minum air, bukan? Simak tips berikut yang membantu proses ‘pembuangan’ Anda agar berjalan lancar dan menyenangkan!

Siapkan Jadwal yang Teratur

Jadwalkan kegiatan beres-beres Anda secara rutin dan terorganisir, setidaknya dua minggu sekali. Bagi-bagi tugas ke seluruh anggota keluarga berdasarkan kapabilitas masing-masing. Misalnya orang tua bertugas untuk mengangkat barang-barang besar, sedangkan anak-anak tugasnya untuk memindahkan barang dari tempat asal ke boks yang telah disiapkan sebelumnya. Ingat! Jadwal untuk beberes rumah harus rutin dilakukan agar rumah terlihat rapi 24/7.

Step by Step

Memang susah untuk men-spot barang yang tak berguna untuk pertama kali, namun sekali Anda sudah menyingkirkan satu set koleksi yang tidak lagi Anda butuhkan, maka mata Anda akan ‘terbuka’ mengenai barang-barang mana saja yang selanjutnya akan disingkirkan. Lakukan ‘penyingkiran’ barang-barang yang tak berharga secara bertahap. Misalnya, dimulai dari area kamar tidur, lalu lanjut ke ruang keluarga, meja makan, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

Menempatkan Tempat Sampah / Kardus di Seluruh Ruangan

Agar proses beres-beres menjadi mudah, sediakan tempat sampah untuk membuang barang yang tak lagi digunakan dan kardus untuk barang yang masih bisa digunakan oleh orang lain yang lebih membutuhkan. Sehingga Anda tidak perlu susah-susah bolak-balik kesana kemarin untuk beberes, cukup menempatkannya di tempat yang telah disediakan. Ketika tempat sampah / kardus telah penuh, kosongkan sesuai dengan tujuan semula.

Melihat secara Objektif

Mungkin diantara barang-barang yang tak lagi berguna, ada satu koleksi kesayangan Anda yang rasanya berat untuk disingkirkan. Anda pun mengadapi dilemma, apakah akan tetap menyimpannya karena benda tersebut cukup bersejarah, atau secara rasional memilih untuk  menyingkirkannya karena barang tersebut sudah tak lagi Anda gunakan. Pada kasus ini, Anda harus menggunakan pemikiran objektif seperti “apakah barang tersebut benar-benar memiliki arti yang dalam untuk saya?” atau “kapan terakhir kali saya menggunakan barang ini?”. Niscaya jawabannya akan Anda dapatkan setelah Anda melakukan pemikiran semacam itu.

Tidak Menunda Pekerjaan

Buang jauh-jauh kebiasaan buruk menunda-menunda pekerjaan. Jangan berpikiran bahwa beres-beres rumah hanya perlu dilakukan ketika akan ada tamu yang datang atau di saat menjelang hari raya saja. Kembali ke poin pertama, penting untuk menjadwalkan kegiatan beres-beres rumah secara rutin agar hunian kesayangan Anda terbebas dari barang tak berguna dan membuat Anda betah menghabiskan waktu didalamnya.

Kini Anda telah mengetahui tips yang berguna untuk membantu Anda saat menyingkirkan barang-barang yang tak lagi terpakai. Semoga Anda menemukan arti kenyamanan sesungguhnya pada rumah Anda!

Add Comment