IBX5A5529B0D0174 Mengapa Gaun Pengantin Umumnya Berwarna Putih? | Rizki Mandiri

Mengapa Gaun Pengantin Umumnya Berwarna Putih?

Gaun pengantin umumnya selalu berwarna putih yang menjadi lambang sucinya sebuah ikatan pernikahan itu sendiri. Dimana awal baru dari sebuah fase kehidupan manusia kembali dimulai dengan biduk rumah tangga yang diharapkan berjalan dengan bahagia. Refeksi harapan itulah yang digambarkan dengan warna putih itu sendiri.

Gaun Pengantin Berwarna PutihMeskipun belakangan banyak pengantin di zaman modern yang turut mengaplisikan warna lain seperti pink, merah, ungu dan warna lainnya. Akan tetapi, warna favorit tetaplah putih.

Warna putih yang diaplikasikan pada gaun pengantin sendiri sebenarnya mulai dipopulerkan oleh Ratu Victoria dari Kerajaan Inggris. Dimana dirinya menikah pada tahun 1840 yang lalu.

Dimana pada saat itu, Ratu Victoria menikah dengan menggunakan gaun berwarna putih dengan hiasan berupa salur bunga-bunga jeruk. Pilihan warna putih oleh Ratu Victoria sendiri sempat menjadi tanda tanya besar dari para anggota kerajaan. Karena pada saat itu sendiri, warna putih identik dengan warna berduka atau berkabung.

Sebelum Ratu Victoria, Ratu Mary dari Skotlandia juga lebih dulu menggunakan gaun berwarna putih tersebut dan dianggap sebagai gaun yang tak pantas digunakan untuk pernikahan. Hingga beberapa tahun setelah menikah, suami Ratu Mary pun meninggal, rakyat menuduh kalau gaun putih yang dikenakannya saat menikah merupakan penyebab kutuk itu terjadi.

Kondisi dan perbincangan serta anggapan buruk terhadap gaun putih pernikahan tersebut berakhir setelah Ratu Victoria juga mengenakannya untuk acara pernikahannya. Pasalnya saat itu, gaun pernikahannya pun dipublikasikan oleh  Godey’s Lady Book yang tak lain merupakan salah satu majalah wanita ternama.

Alhasil, gaun pengantin putih pun menjadi lebih populer mengalahkan kepopuleran gaun pengantin berwarna merah yang sebelumnya menjadi tren busana pengantin di kalangan aristokrat dan ningrat Eropa. Kepopuleran ini sendiri bertahan hingga saat ini banyak wanita yang memilih untuk menggunakannya sebagai busana pengantin internasionalnya.

Add Comment