Mengenal Tanda Tumbuh Gigi pada Bayi

Tumbuh gigi pada bayi adalah moment yang akan selalu terjadi pada mereka. Adapun masa dimana mereka akan tumbuh gigi sendiri kadang kala berbeda-beda. Akan tetapi, umumnya ada di kisaran umur antara 4 sampaib 6 bulan. Akan tetapi hal ini tidak mutlak terjadi, karena bisa jadi lebih dari itu atau bahkan bisa jadi lebih cepat dari itu. Perlu disadari bahwa tidak semua orang tua bisa memprediksikan dengan tepat, tumbuh gigi pada bayi mereka itu terjadi.

tumbuh-gigi-pada-bayiNamun, yang perlu disadari bahwa tumbuh gigi pada bayi masanya dapat ditentukan dengan beberapa gejala yang umum terjadi pada mereka. Adapun jenis dari tanda-tanda tumbuh gigi pada bayi itu sendiri pun dapat dibilang sangat beragam. Dimana mereka akan berbeda-beda antara bayi yang satu dengan bayi yang lainnya.

Dimana sebagian bayi akan merasa bahwa waktu dimana tumbuh gigi itu adalah sebuah masa yang sangat tidak enak dimana mereka akan merasa ingin selalu menangis dengan perasaan tidak nyamannya tersebut. Akan tetapi, sebagian bayi yang lain bisa jadi tidak akan merasa apa-apa dan justru melewatinya dengan cepat tanpa adanya masalah.

Berikut kami berikan beberapa jenis pertanda akan tumbuhnya gigi pada bayi anda. Penasaran apa saja? Berikut uraian menariknya :

Keluar Air Liur

Proses dimana akan tumbuh gigi pada bayi akan memancing banyaknya keluar air liur di mulut bayi. Adapun kejadian ini sendiri biasanya kerap terjadi pada bayi yang sedang berumur sekitar 10 minggu hingga 3 sampai 4 bulan.

Ruam yang Terjadi di Dagu dan Wajah

Banyaknya air liur yang terjadi pada proses akan tumbuh gigi pada bayi itu sendiri nantinya akan menyebabkan munculnya ruam yang terjadi di sekitar leher dagu hingga wajah. Adapun penyebab ruam kulit itu sendiri adalaha dikarenakan seringnya air liur membasahi bagian kulit tersebut. Adapun cara mengatasi akan adanya ruam tersebut dapat dilakukan dengan cara menyapu air liur tersebut dengan sapu tangan bayi atau memberi krim kulit.

Batuk

Air liur yang muncul dengan intensitas yang melebihi dari biasanya akan menyebabkan bayi bisa tersedak dan menimbulkan batuk. Jika memang tidak ada tanda-tanda lain yang menyertainya seperti flu dan juga alergi maka anda tidak perlu khawatir akan hal ini.

Bayi Menggigit

Gusi mereka akan terasa tidak nyaman oleh adanya gigi yang akan muncul pada gusi. Hal inilah yang kemudian dipastikan akan membuat mereka melampiaskan hal tersebut dengan menggigit. Umumnya tumbuhnya gigi pertama lah yang akan membuat mereka merasa paling tidak nyaman pada proses pertumbuhannya. Jadi, jangan pernah heran jika bayi anda mulai banyak menggigit suatu benda, mulai dari mainan, jari hingga puting susu anda pun akan digigit oleh mereka.

Rasa Sakit

Tekanan pada proses tumbuh gigi pada bayi juga bisa menyebabkan munculnya rasa sakit. Dimana rasa sakit ini sendiri muncul di sekitar jaringan lunak pada gusi oleh gigi yang akan tumbuh. Namun hal ini adalah hal yang biasa, dalam beberapa waktu maka bayi pun akan terbiasa dengan rasa sakit yang mereka rasa tersebut hingga akhirnya gigi pertama pun muncul.

Rewel

Rasa sakit yang muncul ketika proses tumbuh gigi pada bayi muncul sangat wajah membuat mereka rewel. Oleh karena itu, ibu siap-siap untuk menghadapinya jangan sampai anda terpancing emosi akan hal ini. Karena memang proses ini sering terjadi pada bayi.

Add Comment