Mengulik Proses Pembuatan Bakso Sapi

Semua orang Indonesia sepertinya telah mengenal bakso. Ada berbagai macam jenis yang menjadi kreasi di dunia kuliner mulai dari sapi, udang, ikan, ayam hingga ia yang dimodifikasi dengan isian buah dan sayur. Sebenarnya, proses pembuatan dari makanan yang lezat ini mudah. Biasanya, ia sering dihidangkan di mangkuk bersama dengan kuah panas yang gurih dan mie sebagai pelengkapnya. Jika Anda menyukai rasa pedas, makanan ini bisa Anda lahap dengan cabai rawit sehingga semakin membuat nikmat.

baksoBila Anda merupakan penggemar dari makanan ini, pasti Anda juga tertarik untuk mengetahui cara membuatnya. Dengan membuat sendiri dirumah, bahan yang digunakan bisa terjamin kesehatan dan kebersihannya. Maklum saja, belakangan ini kita sering mendengar berita yang bernada negatif mengenai makanan yang super lezat ini mulai dari daging sapi yang dicampuri daging babi hingga menggunakan borax yang merugikan kesehatan. Selain itu membuat makanan sendiri juga bisa menghasilkan lebih banyak dibanding membeli diluar.

Mungkin Anda penasaran seperti apa sejarah dari bakso atau dalam bahasa Inggris disebut dengan meatballs yang berarti bola daging. Sebetulnya kata bak memiliki arti daging babi karena pertama kali ia menggunakan daging babi, dan so memiliki arti kuah yang akan menambah kenikmatan rasa saat makanan ini disantap. Setelah meatballs diperkenalkan di Indonesia, pembuatannya sudah pasti di sesuaikan dengan lidah dari orang Indonesia. daging yang digunakan dirubah menjadi daging sapi karena mayoritas penduduk yang tinggal di Indonesia adalah muslim. Untuk cara penyajiannya juga lebih disesuaikan dan mengenyangkan seperti adanya tambahan mie kuning, minum dan pelengkap yang lainnya.

Menurut sejarah, makanan ini diciptakan seorang pemuda yang berasal dari Cina, ia lahir di jaman Dinasti Ming di awal abad 17. Pemuda ini merupakan pemuda yang begitu baik dan tinggal di desa kecil bersama dengan ibunya. Sang ibu yang tua tidak bisa lagi melahap daging yang menjadi kegemarannya. Karena begitu cintanya pada sang ibu, Meng Bo akhirnya berusaha mencari cara agar sang ibu dapat mengkonsumsi daging lagi. Berawal ketika melihat tetangganya menumbuk ketan, timbullah ide untuk menumbuk daging agar ia lebih lembut, setelah itu gilingan daging di rebus hingga tercium aroma yang sangat lezat. Meng Bo pun menyajikan bola daging pada sang ibu. Hati sang ibu begitu senang karena daging yang ia rasakan begitu lembut dan di masak dengan empuk. Daging pun juga menjadi lebih mudah di makan. Sejak saat itu, makanan baru buatan Meng Bo ini menyebar dan di sukai oleh seluruh negeri.

Jika Anda ingin membuat daging giling ini, Ana dapat mengikuti bahan dan cara membuat berikut ini.

Bahan:

  • 500 gram daging sapi.
  • 100 gram sagu.
  • 5 buah bawang merah, haluskan.
  • 5 buah bawang putih, haluskan.
  • 1 sdt garam kasar.
  • 40 gram es serut.
  • Air untuk merebus.

Cara membuat bakso:

  1. Masukkan daging sapi, bawang merah, bawang putih, tepung kanji, merica bubuk, es dan garam ke mesin penggiling daging, giling hingga halus dan tercampur dengan merata,
  2. Jangan memblender adonan terlalu lembek karena akan sulit dibentuk,
  3. Rebus air ke panci,
  4. Bentuk adonan bulatan dengan menggenggam sedikit adonan daging dan menimbulkan nya di sela jempol,
  5. Potong adonan membulat dengan menggunakan sendok,
  6. Rebus hingga matang menggunakan api besar. Jika sudah mengapung berarti sudah siap disajikan.

Add Comment