IBX5A5529B0D0174 Menyiasati Agar Maag Bukan Halangan untuk Berpuasa bagi Wanita | Rizki Mandiri

Menyiasati Agar Maag Bukan Halangan untuk Berpuasa bagi Wanita

Maag bukan halangan untuk berpuasa bagi wanita. Selama ini, seringkali para penderita maag merasa khawatir ketika bulan puasa tiba. Pasalnaya penyakit yang satu ini sangat rawan kambuh. Karena ketika puasa kita berhenti makan untuk beberapa jam. Bagi penderita maag, lambung mereka sudah terbiasa bekerja pada jam-jam tertentu. Ketika kebiasaan tersebut diubah lagi, tidak jarang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik. Akhirnya, penyakit maag pun dapat kambuh. Meskipun begitu, sakit maag tidak akan menjadi penghalang bagi seseorang untuk tetap menjalankan puasanya. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bagi para penderita maag ketika akan menjalankan puasanya.

MaagTips Berpuasa untuk Wanita Penderita Maag

Hal utama yang harus diperhatikan oleh seorang penderita maag ketika akan berpuasa adalah makanan dan minuman. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ketika kita berpuasa, lambung kita diistirahatkan selama beberapa jam sehingga ketika akan berbuka makanan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Maag bukan halangan untuk berpuasa bagi wanita, ketika makanan dan minuman yang akan dikonsumsi bisa diperhatikan dengan baik. Sebaiknya penderita maag menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan serat. Misalnya seperti sayuran, buah-buahan, makanan berserat tertentu, serta minuman bersoda. Selain itu ketika berpuasa, asam lambung sangat rawan untuk naik, maka dari itu sebaiknya hindari juga makanan dan minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung. Misalnya seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.

Para penderita maag juga harus menghindari makanan yang sulit untuk dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena pada dasarnya hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya bisa meningkatkan asam lambung. Contoh dari makanan ini adlaah makanan berlemak, kue tart, coklat, dan keju. Kemudian hindari juga makanan pedas, yang mengandung cuka, atau bumbu yang merangsang. Karena dapat merusak dinding lambung. Terakhir, hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga dapat menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan. Contohnya alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan. Setelah dapat mengatur makanan dan minuman dengan baik, maka maag bukan halangan untuk berpuasa bagi wanita.

Add Comment