Mukena Tetap Awet Melalui Perawatan yang Benar dan Tepat

Mukena bordir cantik termasuk perlengkapan shalat bagi wanita muslim yang banyak digunakan dalam setiap kesempatan shalat, karena memiliki hiasan bordir yang indah dan cantik tergantung pada model dan desain bordiran tersebut. Mukena bordir ini merupakan khas Indonesia yang kebanyakan pada hiasan yang dibordirnya adalah motif bunga yang cantik baik dalam ukuran besar ataupun kecil, dan tetap saja memiliki kesan keindahan tersendiri bagi yang menggunakannya. Selain itu hiasan yang dibuat pada peralatan shalat dari wanita muslimah tersebut adalah suatu nilai seni yang patut diacungi jempol, karena dengan hadirnya model mukena yang beragam, sehingga muslimah bisa tetap tampil modis saat sedang melaksanakan ibadah tanpa menghilangkan unsur syar’i dan kewajiban menutupi aurat seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan kaki.  

mukena bordirBagi anda yang menggunakan jenis mukena bordir cantik dalam kehidupan sehari-hari sebagai perantara atau alat penunjang ibadah terutama ibadah shalat, tentu menginginkan mukena tersebut tetap awet, bordiran tidak rusak dan bisa tahan dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu perawatan yang secara tepat dan benar harus anda lakukan untuk mukena dengan hiasan bunga yang dijahit ini agar hal tersebut bisa didapatkan. Berikut kami paparkan tips merawat mukena bordir secara tepat dan benar.

  1. Jika mukena yang anda miliki berwarna putih, maka pisahkan mukena saat dicuci dari warna lainnya agar tidak mudah terkena luntur dari warna pakaian lain. jangan menggunakan mesin cuci dan jangan menggunakan sikat untuk membersihkan mukena karena akan merusak bordirannya, cukup dengan merendam mukena tersebut hingga waktu lima menit dengan detergen dan pelembut kemudian dikucek dengan tangan lalu dibilas.
  2. Setelah mukena selesai dijemur dan kering, segera setrika perlengkapan shalat tersebut dengan suhu panas sedang dan anda juga bisa menyesuaikan suhu panas pada setrika yang disesuaikan dengan bahan pada mukena itu sendiri.
  3. Simpan mukena secara rapi, anda bisa menyimpannya di tas mukena yang sesuai juga bisa langsung mengantung mukena menggunakan hanger, setelah itu simpan di lemari yang kering dan sejuk agar tidak mudah terkena kelembaban.
  4. Saat membeli mukena dengan hiasan bordir, sebaiknya memilih mukena dengan bahan yang berkualitas serta perhatikan setiap detail pada bordirannya agar anda mendapatkan mukena berkualitas, sehingga tidak mudah rusak walaupun dipakai dalam jangka panjang. Referensi bagi anda yaitu melalui Hijup.com, praying set atau perlengkapan shalat wanita muslimah termasuk mukena dengan beragam warna dan corak bisa didapatkan dengan mudah.  

Add Comment