Pandangan Mengenai Berpuasa saat Haid

Pada umumnya banyak dari kita selalu merasa bersemangat saat menjalani puasa di bulan ramadhan, bahkan jauh – jauh sebelum datang bulan puasa pun terkadang tak jarang dari kita sangat menantikan datangnya bulan ini. Begitu besar pahala yang kita dapatkan dengan berpuasa di bulan ramadhan, bahkan bukan cuma berpuasa tapi segala bentuk kebaikan dan ibadah yang dilakukan akan mendapatkan ganjaran yang besar. Bulan ramadhan sungguh bulan yang penuh berkelimpahan pahala, tempat mencari dan menabung kebaikan sebanyak – banyaknya. Tapi bagaimana jadinya apabila seorang wanita yang sedang haid kemudian ingin tetap melakukan puasa? Apakah dilarang atau dianjurkan? Mendapat pahala atau mungkin malah berdosa? Nah dalam kesempatan kali ini saya akan coba memberikan sedikit pandangan bagaimana berpuasa saat haid baik saat bulan ramadhan atau saat hari – hari biasa.

wanitaBeberapa Pandangan mengenai Berpuasa saat haid

Banyak pandangan yang mengatakan bahwa saat haid wanita justru mendapatkan keistimewaan tersendiri, dalam arti bahwa tidak diwajibkan untuk menahan lapar dan haus. Tapi bagaimana bila puasa tetap dilakukan meski saat haid atau berpuasa saat haid? Sesungguhnya itu semua balik kembali kepada niat awal wanita tersebut. Jika puasa dilakukan saat haid karna ingin mendapatkan pahala dari ibadah puasa maka sesungguhnya justru malah dosa yang akan didapat, karena wanita yang sedang haid masih berada dalam keadaan yang kotor. Tapi bagaimana jika seorang wanita ingin tetap berpuasa saat bulan ramadhan dengan alasan bahwa ingin menghormati yang lainnya?

Misal seorang ibu yang tetap berpuasa karna ingin menemani anaknya yang sedang belajar berpuasa sehingga sang anak menjadi semangat dalam berpuasa, maka tidak akan berdosa hukumnya tapi hanya akan menjadi mubah atau sia – sia (seperti halnya seorang lelaki yang berpuasa hanya mendapat lapar dan dahaga, karna perbuatan yang dilarang agama tetap dilakukan meski sedang berpuasa sehingga puasanya menjadi sia -sia). Memang tidak ada anjuran untuk wanita berpuasa saat haid, tetapi apabila puasa yg dilakukan adalah bukan karna mengharap pahala dalam ibadah puasa mungkin masih bisa – bisa saja dilakukan (contohnya jika wanita tersebut sedang berniat untuk diet).

Add Comment