IBX5A5529B0D0174 Puasa Sehat untuk Wanita Agar Tetap Bugar | Rizki Mandiri

Puasa Sehat untuk Wanita Agar Tetap Bugar

Puasa sehat untuk wanita bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Tentunya puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktivitas untuk menjaga tetap sehat dan bugar. Sehingga menjadikan Anda bermalas-malasan sepanjang hari dan apalagi tidur terus menerus tanpa melakukan aktivitas lainnya. Tidur bagi orang yang berpuasa memang dianggap beribadah mendapatkan ganjaran kebaikan. Namun, bukan berarti Anda terus-menerus tidur atau bermalas-malasan tanpa melakukan aktivitas lainnya. Justru selama bulan Ramadhan inilah Anda dianjurkan untuk terus menerus melatih diri selalu berbuat kebaikan dan termasuk dengan bekerja sebaik-baiknya. Berikut ini ada beberapa tips dalam berpuasa agar tetap sehat dan bugar.

sehat-selama-puasaTips Puasa Sehat untuk Wanita

Tentunya agar puasa bisa tetap berjalan sehat dan lancar, jangan pernah melewatkan sahur. Sama halnya dengan sarapan yang menjadi waktu makan terpenting dalam sehari, sahur sangat diperlukan untuk puasa sehat untuk wanita dan jangan sampai dilewatkan selama Ramadhan. Melewatkan waktu sahur ibarat memperpanjang waktu puasa sehingga tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak. Akibatnya, tubuh mudah terasa lelah dan cepat haus. Orang-orang yang melewatkan sahur juga cenderung makan berlebihan saat berbuka.Sertakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein sebagai sumber energi Anda. Karbohidrat kompleks ini akan dicerna secara lambat oleh tubuh sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Jangan lupa juga untuk mengakhirkan sahur seperti anjuran Nabi Muhammad SAW.

Langkah berikutnya agar puasa tetap sehat adalah menghindari makanan terlalu asin, manis dan berlemak. Anggapan untuk berbuka dengan yang manis sering terdengar di bulan Ramadhan. Entah darimana kepercayaan ini berasal. Yang jelas, anggapan ini tampaknya sudah melekat di benak masyarakat. Tak heran jika pedagang es sirup dan minuman manis lainnya menjamur di bulan puasa. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan rasa lemas dan kurang konsentrasi selama berpuasa. Apalagi kita tinggal di daerah tropis yang cuacanya cenderung panas. Cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka untuk menghindari dehidrasi. Air putih paling dianjurkan, namun bisa digantikan dengan susu atau jus buah murni. Demikianlah beberapa tips puasa sehat untuk wanita.

Add Comment