Resep Kue Bolu Kukus Ketan Hitam

Kue bolu kukus seperti yang kita ketahui sangat beragam macamnya. Tergantung bahan yang diolah untuk menjadi sebuah kue bolu. Mengenai rasa tidak usah ditanyakan lagi, tergantung pada selera masing-masing. Dimana yang suka dengan kue bolu kukus jenis tertentu tentunya merasa jenis apapun nikmat dan rasanya pasti sangat enak.

bolu-kukus-ketan-hitamDalam resep ini kita akan membahas mengenai resep kue bolu kukus ketan hitam. Dimana ada perbedaan mendasar yang dilakukan yakni penggantian bahan tepung terigu dengan tepung dari ketan hitam. Mengenai gizi tentu tak ada yang perlu dipertanyakan. Pasalnya ketan hitam jauh lebih baik nilai gizinya dibandingkan dengan jenis lain untuk tubuh.

Tidak hanya berbicara masalah gizi saja, rasanya pun tentu tak kalah dengan yang menggunakan tepung biasa. Dan yang paling penting bagi para ibu tentunya adalah cara membuatnya yang juga terbilang sangat mudah. Berikut adalah cara membuat kue bolu kukus ketan hitam.

Bahan 

  • Tepung dari ketan hitam dengan takaran 250 gram
  • Baking powder yang ditakar sebanyak 1 sendok teh
  • gula pasir, utamakan yang bertekstur halus sebanyak 250 gram
  • margarin sebanyak 200 gram terlebih dahulu harus dilelehkan
  • Telur ayam sebanyak 6 biji
  • susu kental manis utamakan yang memiliki warna putih sebanyak 2 sendok makan
  • Vanili dengan takaran 1 sendok teh
  • Garam dengan takaran 1 sendok teh

Cara Membuat

Setelah bahan yang kita butuhkan tersedia, tentu langkah selanjutnya adalah dengan membuat kue bolu kukus ketan hitam tersebut. Dan caranya adalah sebagai berikut :

  1. Campurkan bahan-bahan seperti garam, telur, gula pasir, dan emulsifer dengan menggunakan kocokan atau juga bisa dengan mixer hingga campurannya mengembang.
  2. Setelah terlihat seperti mengembang, tepung ketan hitam yang menjadi bahan utama kemudian dicampurkan ke adonan beserta dengan bahan lain yakni vanili dan baking powder. Namun langkah ini dilakukan dengan ayakan, dimana sambil dimasukkan terlebih dahulu bahan tersebut di ayak untuk menghilangkan bahan yang masih bertekstur kasar. Kemudian aduk kembali hingga semua bahan menyatu.
  3. Masih dengan diaduk, kemudian tambahkan bahan selanjutnya seperti susu dan margarin. Masukan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  4. Persiapkan loyang yang menjadi tempat mengukus dan terlebih dahulu lapisi dengan kertas roti dan olesi margarin.
  5. Masukkan adonan ke dalam loyang hingga adonan semuanya masuk dan diatur sedemikian rupa hingga merata.
  6. Kukus selama 25 menit dengan menggunakan api yang berukuran sedang.
  7. Untuk penyajiannya bisa dilakukan selagi masih hangat atau pun dingin.

 

Add Comment