IBX5A5529B0D0174 Waduh, Cara Masak Ini Ternyata Salah dan Merusak Kesehatan | Rizki Mandiri

Waduh, Cara Masak Ini Ternyata Salah dan Merusak Kesehatan

Memasak adalah kegiatan yang sebelumnya identik dengan kegiatan para ibu-ibu di rumah. Meskipun demikian, dewasa ini, kegaitan ini tidak hanya dilakukan oleh para kaum hawa saja, akan tetapi juga biasa dilakukan oleh para lelaki. Hal ini terjadi karena memang banyak acara-acara televisi, artikel di internet maupun dimana saja mengenai tutorial cara memasak. Tujuan memasak itu pun sama, yakni untuk dihidangkan sebagai santapan keluarga atau juga tamu serta bisa jadi dijual.

Cara MemasakNamun, terkadang kebiasaan kita justru melakukan hal yang terkadang bisa membuat masakan yang kita masak merusak kesehatan tubuh. Lalu, bagaimanakah cara memasak yang benar dan tidak membuat rusak kesehatan kita? Dan bagaimanakah cara memasak kita yang salah?

Salah satu yang cara memasak selama ini yang bisa disebutkan salah adalah ketika menumis atau menggoreng makanan. Kadang kita menggunakan api yang terlalu besar dan hal ini membuat minyak yang ada di penggorengan menjadi berasap. Padahal perlu anda ketahui bahwa sebuah studi yang dilakukan oleh Eden Tareke, ilmuwan yang berasal dari Universitas Stockholm, Swedia, menemukan fakta kalau minyak yang terlalu panas dapat memicu terjadinya tumor. Selain itu akrilamida yang ada pada minyak yang terlalu panas dapat membuat gangguan DNA, syaraf dan juga gangguan pada kehamilan.

Kemudian juga mencuci daging adalah hal yang terbilang salah. Seharusnya daging akan lebih sehat jika direbus terlebih dahulu agar bakteri yang ada pada daging menjadi hilang. Sementara itu proses mencuci daging sendiri dapat membuat daging menjadi tercemar akan adanya bakteri yang ada di air. Hal ini justru dapat memicu sakit perut. Dalam hal ini, admin menyarankan untuk mencuci daging dengan menggunakan air yang bersih atau atau air masak untuk memastikan bakteri yang ada di air telah mati.

Terakhir adalah penggunaan wajan yang anti lengket. Memang penggunaan wajan anti lengket sendiri terbilang sangat praktis. Akan tetapi, berbeda halnya dengan kesehatan kita setelah adanya studi yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Health Perspectives dimana diketahui senyawa kimia yang terdapat pada wajan anti lengket bernama perfluorinated seperti perfluorooctanoic acid (PFOA) dan perfluorooctane sulfonate (PFOS) dapat membuat kesehatan hormon manusia menjadi terganggu.

Add Comment